Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN SISTEM BONUS PADA PROGRAM BERKAT BAGI DRIVER GO-JEK DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Driver GO-JEK Basecamp Delima Squad Pekanbaru)

KARTIKA DEWI FEBRIANTI, - (2022) PENERAPAN SISTEM BONUS PADA PROGRAM BERKAT BAGI DRIVER GO-JEK DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Driver GO-JEK Basecamp Delima Squad Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KARTIKA DEWI FEBRIANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kartika Dewi Febrianti, (2022) : Penerapan Sistem Bonus Pada Program Berkat Bagi Driver Go-Jek Ditinjau Dari Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Driver Go-Jek Basecamp Delima Squad Pekanbaru). Adanya pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi terhadap beberapa sektor bisnis, salah satu diantaranya yaitu PT. GO-JEK. Akibatnya driver sulit untuk mencapai target yang berimbas kepada pendapatan mereka. Oleh karena itu untuk mempertahankan eksistensinya, PT. GO-JEK mengubah skema insentif lama yakni sistem point diganti menjadi sistem bonus yaitu Program Berkat, tujuannya agar para driver memiliki pendapatan tetap setiap harinya sebesar Rp. 135.000. Untuk mendapatkan Program Berkat ini, driver harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, salah satunya performa minimal 80% dan harus mengumpulkan 17 point terhitung pukul 09.00 – 21.00 WIB. Besaran bonus yang diterima driver berbeda-beda, hal ini ditentukan berdasarkan pendapatan yang diperoleh masing-masing driver. Dengan perbedaan besaran bonus tersebut, maka hal inilah yang menjadi pembahasan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui Perspektif Fiqh Muamalah mengenai sistem bonus (Ji’alah) pada Program Berkat GO-JEK. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif (field research) yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam latar belakang yang sebenarnya menyangkut data yang ada dilapangan, dan sampel yang di jadikan responden dalam penelitian ini berjumlah 51 orang driver dengan menggunakan teknik total sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan survei, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa yang di gunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu mengungkapkan fakta apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas sehingga dapat diambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem bonus pada Program Berkat ini sudah sesuai dengan konsep ji,’alah dalam Fiqh Muamalah, baik jika ditinjau dari syarat, rukun maupun dari prinsip muamalah dalam melakukan ji’alah. Adapun perbedaan dalam penambahan selisih bonus yang diterima driver ini tidak menjadi persoalan yang besar, karena hal tersebut dinilai sebagai bentuk pemerataan pendapatan karena adanya pandemi Covid-19. Kata kunci : GO-JEK, Ji’alah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:13
Last Modified: 29 Jun 2022 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60689

Actions (login required)

View Item View Item