IDOLA JANZENA, - (2022) ANALISIS SEMIOTIKA PADA NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII SEMESTER I. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
Abstract
IDOLA JANZENA(2022) : ANALISIS SEMIOTIKA PADA NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII SEMESTER I Pada umumnya pembelajaran sastra serta pengenalan sastra pada siswa di Sekolah masih terbilang minim. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya penguasaan guru terhadap sastra, sehingga mengakibatkan kurangnya apresiasi siswa terhadap karya sastra sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis semiotika pada novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck serta implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas XII Semester 1. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan minat siswa untuk mengapresiasi sebuah karya sastra khususnya novel. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat, dengan beberapa langkah-langkah diantaranya: 1. Membaca secara berulangulang teks yang terdapat pada novel, 2. Menentukan dialog yang ada hubungannya dengan indeks dan simbol yang terdapat pada novel, 3. Mencatat dialog yang ada hubungannya dengan indeks dan simbol. Setelah data terkumpul, selanjutnya data akan dianalisis menggunakan teknik hermeneutika, dengan beberapa langkah-langkah diantaranya: 1. Memasukkan data ke dalam tabel ikon, 2. Mendeskripsikan ikon, dan menempatkan pada kolam indeks, 3. Menginterpretasikan hasil deskripsi (indeks), kemudian menempatkan pada kolam simbol. Hasil penelitian ditemukan dua puluh tiga data pada novel berupa makna tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol. Dalam ikon, ditemukan dalam bentuk tulisan berupa dialog yang memiliki hubungan indeks dengan simbol. Sementara indeksnya mendeskripsikan apa yang dilihat dari ikon menurut makna sebenarnya. Sedangkan simbol menafsirkan hasil deskripsi berdasarkan interpretasi penulis, yakni makna yang tersirat pada novel. Kemudian, pada kurikulum 2013 pembelajaran sastra dapat diimplikasikan pada peserta didik tingkat SMA kelas XII Semester 1 dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Sehingga peserta didik mampu menjelaskan dan mendeskripsikan isi dan kebahasaan novel. Kata Kunci: Semiotika, Novel, Implikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 03:50 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60675 |
Actions (login required)
View Item |