Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TEKNIK KOGNITIF DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR

ELSA, - (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TEKNIK KOGNITIF DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELSA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Elsa (2022) : Efektifitas Pendeketan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Teknik Kognitif dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) teknik Kognitif dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di sekolah menengah pertama negeri 1 kampar. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif , dan menggunakan Pre-experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kampar yang teridentifikasi memiliki kepercayaan diri rendah sebanyak 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel berjumlah 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentaasi. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif data dan pengolahan data dengan uji Wilcoxon Signed Rank. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa sebelum diberikan perlakuan (treatment) layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) teknik Kognitif berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 55,7. Sedangkan, setelah diberikan perlakuan (treatment) layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) teknik Kognitif mengalami perkembangan yang signifikan pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 97,5. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil uji Wilcoxon membuktikan bahwa pendekatan rational emotive behavior therapy (rebt) teknik kognitif dalam layanan konseling kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) 0.005 < 0.05 yang berarti pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) teknik kognitif dalam layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan Kepercayaan diri siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar. Kata kunci: Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Layanan Konseling Kelompok, Kepercayaan Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:12
Last Modified: 28 Jun 2022 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60667

Actions (login required)

View Item View Item