ANNISA FITRI HIDAYAH, - (2022) IMPLEMENTASI HOME VISIT UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
||
|
Text
ANISA FITRI HIDAYAH.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Annisa Fitri Hidayah, (2022): Impelementasi Home Visit untuk Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 40 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Home visit untuk mengatasi perilaku bullying siswa di SMP Negeri 40 Pekanbaru (2) Jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya perilaku bullying di SMP Negeri 40 Pekanbaru (3) Dampak dari perilaku bullying di SMP Negeri 40 Pekanbaru (4) Faktor pendukung dan penghambat implementasi Home visit untuk mengatasi perilaku bullying siswa di SMP Negeri 40 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 40 Pekanbaru. Informan utama penelitian 2 orang guru BK sedangkan informan pendukung 2 orang siswa dan 2 orang tua. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi home visit untuk mengatasi perilaku bullying siswa sudah dilakukan sesuai dengan prosedur pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan tersebut menggunakan beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut, dan laporan. Guru BK melakukan kegiatan home visit bekerja sama dengan pihak-pihak sekolah seperti guru wali kelas, guru mata pelajaran, kepala sekolah, orang tua siswa dan juga siswa itu sendiri. Kemudian untuk jenis-jenis perilaku bullying yaitu bullying verbal dan bullying mental dan faktor penyebab terjadinya yaitu dari keluarga. Selanjutnya dampak bullying yaitu membuat korban bullying menjadi tidak percaya diri, tidak bersemangat sekolah,dan menjadi pendiam. (a) faktor pendukung yaitu sikap profesional guru bimbingan konseling dalam menyelesaikan permasalahan siswa, adanya kerja sama dengan pihak sekolah, orangtua siswa, dan juga siswa itu sendiri (b) faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu yang dimiliki oleh guru BK. Sarana transportasi juga menjadi kendala yang dialami oleh guru BK dalam pelaksanaan kegiatan home visit. Kata Kunci: Home Visit, Perilaku bullying
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 04:55 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 04:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60661 |
Actions (login required)
View Item |