Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI HOME VISIT UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU

ANNISA FITRI HIDAYAH, - (2022) IMPLEMENTASI HOME VISIT UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
ANISA FITRI HIDAYAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Annisa Fitri Hidayah, (2022): Impelementasi Home Visit untuk Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 40 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Home visit untuk mengatasi perilaku bullying siswa di SMP Negeri 40 Pekanbaru (2) Jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya perilaku bullying di SMP Negeri 40 Pekanbaru (3) Dampak dari perilaku bullying di SMP Negeri 40 Pekanbaru (4) Faktor pendukung dan penghambat implementasi Home visit untuk mengatasi perilaku bullying siswa di SMP Negeri 40 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 40 Pekanbaru. Informan utama penelitian 2 orang guru BK sedangkan informan pendukung 2 orang siswa dan 2 orang tua. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi home visit untuk mengatasi perilaku bullying siswa sudah dilakukan sesuai dengan prosedur pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan tersebut menggunakan beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut, dan laporan. Guru BK melakukan kegiatan home visit bekerja sama dengan pihak-pihak sekolah seperti guru wali kelas, guru mata pelajaran, kepala sekolah, orang tua siswa dan juga siswa itu sendiri. Kemudian untuk jenis-jenis perilaku bullying yaitu bullying verbal dan bullying mental dan faktor penyebab terjadinya yaitu dari keluarga. Selanjutnya dampak bullying yaitu membuat korban bullying menjadi tidak percaya diri, tidak bersemangat sekolah,dan menjadi pendiam. (a) faktor pendukung yaitu sikap profesional guru bimbingan konseling dalam menyelesaikan permasalahan siswa, adanya kerja sama dengan pihak sekolah, orangtua siswa, dan juga siswa itu sendiri (b) faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu yang dimiliki oleh guru BK. Sarana transportasi juga menjadi kendala yang dialami oleh guru BK dalam pelaksanaan kegiatan home visit. Kata Kunci: Home Visit, Perilaku bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:55
Last Modified: 29 Jun 2022 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60661

Actions (login required)

View Item View Item