Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan Jalan Tani sebagai Pelaksanaan atas Asas Tugas Pembantuan Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2008 Tentang Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (Studi di Desa Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar).

ARIADY, - (2022) Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan Jalan Tani sebagai Pelaksanaan atas Asas Tugas Pembantuan Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2008 Tentang Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (Studi di Desa Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ariady, (2021): Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan Jalan Tani sebagai Pelaksanaan atas Asas Tugas Pembantuan Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2008 Tentang Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (Studi di Desa Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar). Peranan kepala desa dalam tugas pembantuan dapat dilihat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2008 tentang Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan. Seiring berjalannya pemerintahan desa Ranah telah membangun jalan tani sebagai pelaksanaan atas asas tugas pembantuan ini yang terlaksana, pemerintah desa menemukan masalah yang baru mengingat letak geografis Desa Ranah yang rawan bencana seperti banjir yang menyebabkan jalan tani yang telah terbangun menjadi rusak sedangkan pembangunan jalan di desa Ranah sendiri belum merata. Kepala desa sebagai kepala pemerintahan desa dihadapkan oleh sebuah pilihan dalam melaksanakan peranannya pada pembangunan di desa, yakni melakukan pembangunan disektor lain atau memperbaiki jalan tani yang rusak akibat bencana. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka rumusan masalah pada skripsi ini adalah 1) peranan kepala desa dalam pembangunan jalan tani sebagai pelaksanaan atas asas tugas pembantuan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2008 tentang Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan di Desa Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, 2) kendala yang dihadapi kepala desa dalam pembangunan jalan tani sebagai pelaksanaan atas asas tugas pembantuan di Desa Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu kualitatif (penelitian yang berbentuk pertanyaan, uraian, deskripsi, yang mengandung satu makna dan nilai tertentu). Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari observasi ketempat penelitian , dan wawancara secara langsung kepada informan ditempat penelitian dan sumber data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan internet. Metode pengumpulan data peneliti menggunakan dengan cara observasi dan wawancara. Dan teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa peranan kepala desa dalam pembangunan jalan tani sebagai pelaksanaan atas asas tugas pembantuan tidak sesuai dengan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2008. Dan kendala dalam peranan yang dihadapi oleh kepala desa adalah sistem pengajuan atas pelaksanaan tugas pembantuan yang sangat sulit dikarenakan memerlukan anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk menyampaikan aspirasi terkait dengan apa yang terjadi di desa. Kemudian kendala berikutnya adalah masalah perbaikan, dikarenakan anggaran desa yang dipergunakan dalam perbaikan jalan tani yang rusak mengakibatkan terhambatnya perbaikan jalan tani, hal ini disebabkan kepala desa yang lebih berfokus dalam pembangunan desa dalam aspek yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:04
Last Modified: 29 Jun 2022 05:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60642

Actions (login required)

View Item View Item