Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI EFEKTIVITAS ASAP CAIR KULIT BATANG SAGU SERTA STUDI KOMPARASI BEBERAPA SUMBER BAHAN DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Ganoderma orbiforme (Fr.) Ryvarden SECARA IN VITRO

Antama Surwadinata, - (2022) UJI EFEKTIVITAS ASAP CAIR KULIT BATANG SAGU SERTA STUDI KOMPARASI BEBERAPA SUMBER BAHAN DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Ganoderma orbiforme (Fr.) Ryvarden SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Antama S. 11880213467. Skripsi Tanpa Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Antama S. 11880213467. Skripsi Hanya Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)

Abstract

Ganoderma orbiforme adalah jamur patogen yang menyebabkan busuk pangkal batang khususnya pada tanaman kelapa sawit, sehingga perlu dikendalikan. Salah satu alternatif pengendaliannya dengan menggunakan asap cair. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas beberapa konsentrasi asap cair kulit batang sagu dan membandingkan dengan asap cair tempurung kelapa dan asap cair tandan kosong kelapa sawit dalam menghambat pertumbuhan G. orbiforme secara in vitro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2021 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian berupa percobaan 6 konsentrasi asap cair (0%, 1%, 2%, 3%, 4% dan 5%) dengan 4 ulangan yang disusun secara rancangan acak lengkap. Dilanjutkan dengan studi komparasi asap cair kulit batang sagu dengan asap cair dari tempurung kelapa dan tandan kosong kelapa sawit pada konsentrasi 5% dengan 4 ulangan. Asap cair kulit batang sagu memiliki total fenol + 7,44%. Asap cair kulit batang sagu konsentrasi 1% sudah sangat efektif dalam menghambat G. orbiforme secara makroskopis, mikroskopis, laju pertumbuhan, berat basah dan berat kering koloni G. orbiforme. Hasil komparasi menunjukkan beberapa asap cair memiliki efektivitas yang tidak nyata dalam mengendalikan G. orbiforme. Kata kunci: asap cair, Ganoderma orbiforme, kulit batang sagu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:47
Last Modified: 24 Jun 2022 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60595

Actions (login required)

View Item View Item