Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PUBLIC RELATIONS PADA BANK SYARI’AH INDONESIA KC PEKANBARU SUDIRMAN 1 DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM MIGRASI REKENING NASABAH

SELA SULASTRI, - (2022) PENERAPAN MODEL PUBLIC RELATIONS PADA BANK SYARI’AH INDONESIA KC PEKANBARU SUDIRMAN 1 DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM MIGRASI REKENING NASABAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Sela Sulastri Jurusan : Ilmu Komunikasi (Public relations) Judul : Penerapan Model Public relations Pada Bank Syari’ah Indonesia KC Pekanbaru Sudirman 1 dalam Mensosialisasikan Program Migrasi Rekening Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan gabungan dari 3 bank yang bergabung menjadi satu entitas, yakni Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Dalam pengembangan inovasi terbaru, tentunya terdapat hambatan yang dialami sebagai Bank yang baru terbentuk, salah satunya program sosialisasi perpindahan rekening yang dikenal dengan istilah Migrasi Rekening Nasabah. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model public relations pada Bank Syariah Indonesia KC Pekanbaru Sudirman 1 dalam mensosialisasikan program migrasi rekening nasabah. Riset ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif, menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif dengan menggunakan dua jenis sumber data untuk melaksanakan penelitian, yakni data primer dan data sekunder. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dalam riset ini menunjukan bahwa Bank Syariah Indonesia Pekanbaru KC Sudirman 1 lebih dominan menerapkan model komunikasi Public Information. Dalam pelaksanaannya, komunikasi yang dijalankan pihak BSI bersifat satu arah, informasi yang disampaikan dibutuhkan nasabah dan tidak selalu bersifat persuasif. Media yang digunakan antara lain melalui spanduk, poster, serta iklan di media massa yang berisi informasi kebijakan, ketentuan perusahaan serta memberikan informasi yang dibutuhkan oleh publik. Adapun temuan di lapangan tentangg model PR Grunig dan Hunt: Pertama, Mempraktekkan model Press Agentry dimana BSI selalu mencari kesempatan agar nama baik organisasi mereka muncul di media seperti di RRI. Kedua, menerapkan model Two-Way Asymmetric dimana BSI menyediakan wadah pertukaran pesan seperti di official account dan Tanya Aisah melalui web www.bankbsi.co.id, namun nasabah tidak dilibatkan secara langsung untuk kepentingan pengambilan keputusan manajemen, sehingga two-ways asymmetric belum diterapkan sepenuhnya dalam sosialisasi perpindahan rekening. Kata Kunci: Model Public Relations, Sosialisasi, Migrasi Rekening Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:38
Last Modified: 24 Jun 2022 01:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60592

Actions (login required)

View Item View Item