Uci Bebasari (2014) PENERAPAN METODE DISKUSI PANEL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (32kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah cara mengajar / metode guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan menggunakan cara klasik seperti ceramah atau Tanya jawab sehingga siswa cenderung menjadi pasif dan kurang semangat belajar. Untuk melakukan perbaikan terhadap pembelajaran maka dalam penelitian ini cara mengajar menggunakan metode diskusi panel. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII1 sebanyak 22 orang di SMPN 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Adapun judul dalam penelitian ini yaitu penerapan metode diskusi panel dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas VII1 sebanyak 22 orang di SMPN 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 sebanyak 22 orang diSMPN 1 Tanah Putih Kbupaten Rokan Hilir.sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu Penerapan Metode Diskusi Panel. Tempat penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Mei sampai tanggal 8 Juni. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi sebanyak empat kali, serta wawancara terhadap guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 1 orang. Jenis data yang diperoleh pada saat penelitian berlangsung yaitu dengan menggunakan deskriptif kualitatif persentase. Data kualitatif yaitu data yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat, sedangkan pengukurannya dapat diproses dengan cara penjumlahan dan ditafsirkan, dan kesimpulan analisis data atau hasil penelitian dalam bentuk kalimat.selain observasi dan wawancara, yaitu dengan menggunakan dokumentasi yaitu mencari data mengenai halhal/variabel yang berupa catatan, data-data, agenda dan sebagainya yang berhubungan dengan masalah-masalah dalam penelitian ini. Sebelum menerapkan metode diskusi panel yaitu sesuai dengan KKM yang ditetapkan, nilai hasil belajar siswa ada sebagian siswa yang tidak mencapai KKM yang ditetapkan. Setelah penerapan metode diskusi panel diterapkan dikelas VII1 di SMPN 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir hasil belajar siswa meningkat yaitu 81 %. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Diskusi Panel dikelas VII1 sebanyak 22 orangpada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir tahun ajaran 2012 / 2013 tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 31 Jul 2016 17:59 |
Last Modified: | 31 Jul 2016 17:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6059 |
Actions (login required)
View Item |