SEPTIRA GUSNELLA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER COMMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB 1 -BAB V TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Septira Gusnella, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Poster Comment untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema Pahlawanku di Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa pada tema 5 pahlawanku melalui penerapan model pembelajaran poster comment di kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis deskripsi siswa di antaranya kurangnya menulis isi gagasan sesuai urutan gambar yang disajikan, kurangnya menggunakan gaya dan bentuk bahasa yang tepat, dan kurang dapat menggunakan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran poster comment dan keterampilan menulis deskripsi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, penugasan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis data bahwa penerapan model pembelajaran poster comment dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan menulis deskripsi siswa hanya mencapai 43,94% atau berada pada kategori kurang baik. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, keterampilan menulis deskripsi siswa meningkat menjadi 60,52% atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, keterampilan menulis deskripsi siswa mangalami peningkatan menjadi 80,92% atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran poster comment pada tema 5 pahlawanku dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa di kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Poster Comment, Keterampilan Menulis Deskripsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:04 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 03:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60554 |
Actions (login required)
View Item |