Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

POLA PENDAMPINGAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) BANGKIT USAHA MAKMUR (BUM) PADA MASYARAKAT TERDAMPAK PROGRAM REPLANTING DI DESA BENCAH KESUMA KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU

AGUSTINA WULANDARI, - (2022) POLA PENDAMPINGAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) BANGKIT USAHA MAKMUR (BUM) PADA MASYARAKAT TERDAMPAK PROGRAM REPLANTING DI DESA BENCAH KESUMA KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kondisi masyarakat selama replanting terkhusus petani kelapa sawit mengalami kehilangan pendapatan dan kurangnya pemahaman mengenai replanting. Dalam proses replanting Koperasi memiliki peranan dan fungsi yang amat penting yaitu membantu, memudahkan serta memajukan kesejahteraan masyarakat yakni melalui pendampingan program replanting. Riset ini bertujuan untuk mengetahui begaimana Pola Pendampingan Koperasi Unit Desa (KUD) Bangkit Usaha Makmur (BUM) Pada Masyarakat Terdampak Program Replanting Di Desa Bencah Kesuma Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Riset ini menggunakan desaian metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan dalam riset ini menunjukan pola pendampingan Koperasi Unit Desa (KUD) Bangkit Usaha Makmur (BUM) pada masyarakat terdampak replanting Pertama, KUD berperan sebagai pendidik yaitu membangkitkan kesadaran, memberikan masukan positif dan menyelenggarakan pelatihan kepada masyarakat. Kedua, KUD berperan sebagai fasilitator yaitu KUD memberikan kesempatan dan dukungan, membagun konsensus dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Kemudian, pola pendampingan KUD kepada masyarakat dengan cara membantu masyarakat petani kelapa sawit yang sedang repalnting dalam menyelesaikan permasalahan dan menjalankan program replanting sesuai dengan aturan, arahan dan kesepakatan bersama. Kata kunci : Pendampingan Masyarkat, Koperasi Unit Desa (KUD), Replanting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 Jun 2022 09:10
Last Modified: 17 Jun 2022 09:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60489

Actions (login required)

View Item View Item