Yeli Aprina (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KARTU-KARTU PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 017 PULAU KUMPAI PANGEAN KECAMATAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (44kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Pulau Kumpai Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe kartu-kartu pertanyaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains materi struktur tumbuhan dengan fungsinya kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Pulau Kumpai Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 berjumlah 22 orang, yang terdiri 10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif tipe kartu-kartu pertanyaan dan hasil belajar siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe kartu-kartu pertanyaan secara klasikal mencapai 75% KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 72,73% atau 16 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 20 orang atau ketuntasan hanya mencapai 90,91%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 20 orang siswa atau dengan persentase 90,91%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe kartu-kartu pertanyaan dapat meningkatkan hasil belajar sains pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Pulau Kumpai Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 31 Jul 2016 06:36 |
Last Modified: | 31 Jul 2016 06:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6047 |
Actions (login required)
View Item |