Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

AFIYAH ELSA SYAHIRAH, - (2022) PENGARUH MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Afiyah Elsa Syahirah , (2022) : Pengaruh Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SSCS terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Periodik Unsur di MAS PP. Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA di MAS Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang yang terdiri dari 2 kelas pada tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh dan diperoleh kelas XF MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas XE MIA2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep siswa, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogen, data yang diperoleh pada pemahaman konsep siswa berdistribusi normal dan homogen kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil output test statistik pemahaman konsep siswa diketahui nilai sig sebesar 0,002 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemahaman konsep yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model SSCS dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran SSCS pada materi sistem periodik unsur di MAS PP Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Kata Kunci : Model Pembelajaran SSCS, Pemahaman Konsep Siswa, Sistem Periodik Unsur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:38
Last Modified: 16 Jun 2022 01:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60462

Actions (login required)

View Item View Item