Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS ISI ETIKA PUBLIC RELATIONS DALAM VIDEO DEBAT PUBLIK PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI BENGKALIS PERIODE 2021 - 2026

Alvin Albadru Ashari, Alvin (2022) ANALISIS ISI ETIKA PUBLIC RELATIONS DALAM VIDEO DEBAT PUBLIK PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI BENGKALIS PERIODE 2021 - 2026. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai frekuensi penerapan Etika Public Relations dalam video debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati Bengkalis periode 2021 – 2026. Video debat yang berdurasi 3 jam 33 menit 52 detik ini merupakan salah satu program Komisi Pemilihan Umum sebagai ajang informasi kepada masyarakat perihal calon-calon kepala daerah, dengan harapan masyarakat akan mengetahui latar belakang, visi misi dan program kerja dari setiap pasangan calon sehingga menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk memberikan suaranya di pemilihan kepala daerah. Teori yang digunakan adalah teori Cutlip. M.Broom dan Gross. Konsep yang digunakan yaitu enam poin kode etik Public Relations Society of America (PRSA), yaitu (1) Aliran informasi bebas, (2) Kompetisi, (3) Pengungkapan Informasi, (4) Menjaga kepercayaan, (5) Konflik Kepentingan, (6) Memperkuat Profesi. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan pengukuran dan pengujian reliabilitas serta validitas menggunakan pendekatan R.Holsty. Hasil penelitian menemukan bahwa unit analisis Aliran informasi bebas mengandung 35,06% dari seluruh jumlah nilai unit analisis. Dimana indikator pasangan calon menyampaikan informasi secara bebas yang paling banyak di pakai pada video debat publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis dengan persentase sebesar 60,90%. Selain itu, diantara keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati, pasangan nomor urut 4 Indra Gunawan Eet dan Samsu Dalimunte melakukan penerapan Etika Public Relations lebih banyak daripada pasangan calon lainnya dengan frekuensi 131 memiliki persentase sebesar 29,44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Public Relations, Kode Etika PRSA, Video Debat Publik
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:22
Last Modified: 16 Jun 2022 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60452

Actions (login required)

View Item View Item