Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BANSOS UMKM TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN DURI BARAT KABUPATEN BENGKALIS

FADILA FEBRIANTI, -11840123698 (2022) PENGARUH BANSOS UMKM TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN DURI BARAT KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena keterbatasan ekonomi masyarakat pada masa pandemi covid-19 untuk melanjutkan kebutuhan perekonomian di tengah penurunan pendapatan yang drastis akibat dampak covid-19. alasan penulis memilih Bansos UMKM (usaha mikro kecil menengah) sebagai penelitian karena peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh bansos UMKM terhadap peningkatan ekonomi, dengan adanya bantuan sosial UMKM tersebut diharapkan agar masyarakat sekitar mampu menyekolahkan anak- anaknya kejenjang tingkat atas, mampu membuka usaha, meningkatkan perekonomian khususnya pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini memfokuskan bagaimana pengaruh bansos UMKM Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Kelurahan Duri Barat Kabupaten Bengkalis Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan teknik analisis data Correlations Coefficient Moment menggunakan alat bantu SPSS 25. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menerima bantuan sosial UMKM terkhusus masyarakat yang memilki usaha dibidang UMKM dan masyarakat kurang mampu yang berjumlah 90 KK. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Random Sampling, yang mengambil sampel dengan memperhatikan kriteria- kriteria yang dibuat peneliti berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan rumus Slovin, didapatkan sampel sebanyak 48 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan nilai koefesien korelasi (r) sebesar 0,487 (48,7%) berada di interval 0,40- 0,599 Jadi dapat penulis simpulkan variabel independent ( Pengaruh Bansos UMKM) menjelaskan berpengaruh terhadap variabel dependent (Peningkatan Ekonomi) yang berarti cukup kuat berpengaruh, 0,049 dipengaruhi oleh faktor yang lain dan koefesien determinasi sebesar 0,487 (48,7%). Kalau dalam bahasa perspektif dibaca (nol koma empat ratus delapan puluh tujuh). Jadi penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Bansos UMKM terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Duri Barat Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci : Bantuan Sosial (Bansos), UMKM, Peningkatan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:11
Last Modified: 15 Jun 2022 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60445

Actions (login required)

View Item View Item