Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANANPENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-AZHAR 37 PEKANBARU

AISYAH NURHUDA SUCI, - (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANANPENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-AZHAR 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AISYAH NURHUDA SUCI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aisyah Nurhuda Suci (2022): Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru, 2) Pengorganisasian sarana dan prasarana pendidikan di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru, 3) Pelaksanaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru, 4) Pengawasan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru, dan 5) Pelayanan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Koordinator Bidang Sarpras, dan 2 orang guru serta 3 orang peserta didik. Objek penelitian ini adalah implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan pengumpulan data, penyaringan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru sudah dilakukan dengan baik, yaitu perencanaan dilakukan berdasarkan kepada analisis kebutuhan, perkiraan biaya/harga, dan skala prioritas. 2) Pengorganisasian sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru sudah dilakukan dengan baik, yaitu melalui pemilihan atau penetapan staf berdasarkan hasil analisis pembagian kerja serta dilakukan fungsionalisasi. 3) Pelaksanaan sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru sudah dilakukan dengan cukup baik, yaitu dengan terlaksananya kegiatan inventaris, pendistribusian, dan pemeliharaan, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa sarana pendidikan yang belum di data, baik itu pendataan pada inventaris maupun pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan. 4) Pengawasan sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru sudah dilakukan dengan baik, yaitu secara insidentil atau pun berkalanya satu bulan sekali selalu dilakukan penilaian yang dituangkan ke dalam sebuah laporan pengawasan, serta terdapat penetapan terhadap sarana dan prasarana yang layak pakai. Dan 5) Pelayanan sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru sudah dilakukan dengan baik, yaitu adanya kepuasan bagi pengguna sarpras terhadap pelayanan yang sudah diberikan dengan memperhatikan kualitas jasa pelayanan. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen, Sarana, Prasarana, Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:41
Last Modified: 14 Jun 2022 01:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60409

Actions (login required)

View Item View Item