HASYILATU SYARIFAH, - (2022) PENGARUH PENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN BINTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI HASYILATU SYARIFAH.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hasyilatu Syarifah, (2022) : Pengaruh Pendekatan Humanistik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN Bintan Penelitian ini menggunakan pndekatan kuantitatif dengan desain eksperimental reserch yang terdiri dari dua variabel yaitu pendekatan humanistik sebagai variable X sedangkan hasil belajar sebagai variabel Y. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan humanistic terhadap hasil belajar bahasa arab siswa kelas XI MAN Bintan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh pendekatan humanistic terhadap hasil belajar bahasa arab siswa kelas XI MAN Bintan?”. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa MAN Bintan tahun pelajaran 2021-2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN Bintan yang berjumlah 116 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas XI A= 20 dan XI B= 20 yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Tes yang peneliti lakukan adalah dengan melakukan validitas dan reabilitas pada soal pretest, dari 14 soal yang diuji validitas, maka didapatkan 10 butir soal yang valid dan 4 butir soal yang tidak valid. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus ttest, diperoleh nilai p-value 0.004 (p < 0.05). dan nilai thitung=3,181 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 1% = 2,074 dan taraf signifikansi 5% = 2,03. Sehingga Hnol ditolak dan Halternatif diterima, yang berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan antara pendekatan humanistic dengan hasil belajar siswa. Begitu juga pada tabel observasi pendekatan humanistic mendapatkan nilai 81% dengan arti bagus sekali karena terletak pada taraf signifikan, metode pada taraf signifikan 81-100%. Dengan data tersebut, pendekatan humanistic dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MAN Bintan. Kata kunci: Pengaruh, Pendekatan Humanistik, dan Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 08:53 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 08:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60339 |
Actions (login required)
View Item |