Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU PENDIDIKAN NILAI AKHLAK (TELAAH EPISTEMOLOGIS DAN METODOLOGIS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH) KARYA AMRIL M.

INDAH PRATIWI, - (2022) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU PENDIDIKAN NILAI AKHLAK (TELAAH EPISTEMOLOGIS DAN METODOLOGIS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH) KARYA AMRIL M. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDAH PRATIWI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indah Pratiwi (2022): Konsep Pendidikan Akhlak dalam Buku Pendidikan Nilai Akhlak (Telaah Epistemologis dan Metodologis Pembelajaran di Sekolah) Karya Amril M. Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan konsep pendidikan akhlak terkait komponen pendidikan dalam buku Pendidikan Nilai Akhlak (Telaah Epistemologis dan Metodologis Pembelajaran di Sekolah) Karya Amril M. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yang berhubungan dengan isi yang terkandung dalam buku Pendidikan Nilai Akhlak. Teknik analisis isi dilakukan dengan cara mengodekan kata atau istilah, mengklasifikasikan, menganalisis, dan mendeskripsikan hasil analisis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendidikan akhlak adalah upaya yang sistematis dan metodis untuk menampilkan akhlak terpuji dengan cara mengembangkan potensi-potensi kebaikan yang telah ada dalam diri manusia. Tujuannya untuk memberikan pemahaman akan nilai-nilai akhlak pada peserta didik. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang harus diajarkan adalah sifat pengasih, penyayang, jujur, pemaaf, dan adil. Sedangkan faktor yang mempengaruhi akhlak seseorang adalah kehendak, kebiasaan, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan pendidikan. Terdapat enam pendekatan yang digunakan yaitu, indoktrinasi nilai-nilai dasar, penyadaran nilai-nilai akhlak dan moral, analisis dan diskusi dilema nilai, klarifikasi nilai, perkembangan kognitif dan pembelajaran berbuat. Metode pendidikan akhlak yang digunakan adalah pembiasaan, reward and punishment, keteladanan, ceramah, diskusi, dan observasi. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Akhlak, Amril, Pendidikan Nilai Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:22
Last Modified: 08 Jun 2022 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60315

Actions (login required)

View Item View Item