Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADA BANK SYARI`AH INDONESIA (Studi Kasus Masyarakat Desa Pematang Batang Peranap)

BETI UTARI, - (2022) PENGARUH PERSEPSI DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADA BANK SYARI`AH INDONESIA (Studi Kasus Masyarakat Desa Pematang Batang Peranap). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BETI UTARI OK.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Beti Utari, (2022) : Pengaruh Persepsi dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Syariah Indonesia (studi kasus masyarakat Desa Pematang Batang Peranap). Perbankan syariah pada umumnya dikenal dengan bank yang pada operasionalnya atau aktivitasnya meninggalkan adanya bunga (riba). Berfungsi untuk menyalurkan dana, menghimpun dana dan jasa keuangan. Dengan perkembangannya yang pesat, perbankan syariah harus mempertahankan kemajuan yang sudah ada dan menarik konsumen agar bertransaksi di perbankan syariah khususnya dalam funding (penghimpun dana) seperti menabung. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh persepsi dan tingkat pendapatan secara parsial dan simultan terhadap minat menabung di perbankan syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah persepsi berpengaruh terhadap minat masyarakat desa pematang menabung di bank syariah? (2) Apakah tingkat pendapatan berpengaruh terhadap minat masyarakat desa pematang menabung di bank syariah? (3) Apakah persepsi dan tingkat pendapatan secara simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat desa pematang menabung di bank syariah? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS 23. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat desa pematang, dengan menggunakan teknik sampel Purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 663 penduduk Desa Pematang Batang Peranap. Sampel yang digunakan 80 penduduk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Persepsi berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,170 > 1,991) dan signifikan 0,002 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Tingkat pendapatan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,749 > 1,991) dan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima. dan (3) Persepsi dan Tingkat Pendapatan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (17,124 > 3,11) signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga dapat diketahui dari nilai R Square yang ada pada tabel model summary, yaitu 0,798. Kata Kunci: Persepsi, Tingkat Pendapatan, Minat Menabung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:08
Last Modified: 07 Jun 2022 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60290

Actions (login required)

View Item View Item