Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRADISI BELASUNGKAWA DI DESA HUTA PADANG KECAMATAN BANDAR PASIR MANDOGE KABUPATEN ASAHAN

FARIDA HANUM, - (2022) TRADISI BELASUNGKAWA DI DESA HUTA PADANG KECAMATAN BANDAR PASIR MANDOGE KABUPATEN ASAHAN. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)

Abstract

ABSTRAK Belasungkawa adalah tradisi yang masih dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Huta Padang jika ada yang mengalami kemalangan atau meninggal untuk memberikan rasa sabar dan ketenangan pada pihak yang ditinggal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman tradisi belasungkawa pada masyarakat Muslim dan Kristen dalam di Desa Huta Padang dan nilai-nilai apa saja yang terdapat didalamnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi, yang mana sosiologi merupakan sebuah studi untuk menjabarkan dan menyaksikan peristiwa sosial yang terjadi di kalangan masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian dan kesimpulan. Dari hasil penelitian lapangan yang diperoleh adalah dalam membangun toleransi masyarakat dan tokoh agama berpengaruh besar atas pelaksanaannya dan ini dapat dilihat dari kehidupan beragama yang rukun dan damai, karena setiap agama saling menghargai dan menghormati antara satu dan lainnya. Kemudian dalam tradisi ini terdapat nilai-nilai yang sangat bagus untuk diterapkan dimasyarakat sekitar baik islam maupun kristen, umat Islam dan Kristen memiliki kepedulian yang tinggi dari kearifan lokal mereka seperti dalam tradisi belasungkawa, misalnya: dalam hal membantu membuatkan makanan, STM dalam bentuk uang dan beras dan juga membantu dalam pemakaman. Kata kunci: Tradisi, Belasungkawa, Nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 31 May 2022 01:36
Last Modified: 31 May 2022 01:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60182

Actions (login required)

View Item View Item