Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU TAFSIR TARBAWI: PESAN-PESAN AL-QUR’AN TENTANG PENDIDIKAN KARYA KADAR M. YUSUF

LINI HIDAYATI, - (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU TAFSIR TARBAWI: PESAN-PESAN AL-QUR’AN TENTANG PENDIDIKAN KARYA KADAR M. YUSUF. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV TEMUAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV TEMUAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas konsep pendidikan Islam terkait pada komponen-komponen pendidikan dalam buku Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan al-Qur’an tentang Pendidikan karya Kadar M. Yusuf. Jenis penelitian termasuk kedalam penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan secara dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendidikan Islam didasarkan pada dua prinsip, yaitu prinsip tauhid dan prinsip risalah ilahiyah. Semua komponen pendidikan harus ada unsur tauhid dan risalah ilahiyah seperti : Tujuan pendidikan membentuk karakter ulul al albab, pendidik mentransfer ilmu dan membentuk jiwa peserta didik agar bertakwa berdasarkan al-Qur’an dan meneladani Rasullullah, peserta didik sebagai komunitas pencari nilai-nilai tauhid, selanjutnya materi pendidikan, metode pendidikan, alat pendidikan, dan evaluasi pendidikan dilaksanakan juga berdasarkan tauhid. Kata kunci : komponen pendidikan Islam, tauhid, tafsir tarbawi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 May 2022 00:59
Last Modified: 30 May 2022 00:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60156

Actions (login required)

View Item View Item