Mirnawati, Mirna (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL MUALAF CENTER AN-NUR DALAM PEMBINAAN MUALAF DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Banyak ditemukannya para calon mualaf yang sulit menemukan tempat resmi untuk bersyahadat. Maka dari itu, badan Pengelola Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau melalui Mualaf Center An-Nur (MCA) membentuk wadah bagi para mualaf yang bersyahadat serta menjadi sarana untuk mengikuti pembinaan. Riset ini bertujuan untuk menggambarkan proses pembinaan yang dilakukan melalui 5 aspek komunikasi interpersonal teori Joseph A. Devito yaitu keterbukaan (openess), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness) dan kesetaraan (equality). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keterbukaan mualaf kepada pembina mengenai latar belakang serta alasan menjadi mualaf. Empati yang dilakukan yaitu menunjukkan kepedulian berupa sikap dan tindakan. Sikap mendukung diantara pembina dan mualaf menjadi efektif dengan tersedianya fasilitas. Rasa positif senantiasa diterapkan agar menimbulkan semangat mualaf selama pembinaan. Kesetaraan yaitu pembina tidak merasa lebih dari pada mualaf, pembina harus merangkul seperti teman. Antara mualaf dengan mualaf lainnya juga harus bersifat setara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Pembinaan Mualaf, Mualaf Center An-Nur. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 30 May 2022 01:10 |
Last Modified: | 30 May 2022 01:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60142 |
Actions (login required)
View Item |