Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN VIDEO BERBASIS MOVIE MAKER SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TK INSAN MANDIRI SONTANG PADANG GELUGUR PASAMAN

YOVI FEBRIANI, - (2022) PENGEMBANGAN VIDEO BERBASIS MOVIE MAKER SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TK INSAN MANDIRI SONTANG PADANG GELUGUR PASAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOVI FEBRIANI.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yovi Febriani. (2022): Pengembangan Video Berbasis Movie Maker Sebagai Media Untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Insan Mandiri Sontang Padang Gelugur Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video Berbasis Movie Maker sebagai media untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun dan mengetahui kelayakan video berbasis Movie Maker sebagai media untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelompok B usia 5-6 Tahun TK Insan Mandiri Sontang Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk video pengenalan seks anak usia dini sebagai media pembelajaran, berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan presentase 80% dengan kategori Layak, penilaian ahli media mendapatkan presentase 88,4% dengan kategori Sangat Layak, penilaian guru mendapatkan presentase 79,6% dengan kategori Layak, penilaian dengan uji coba terbatas 96,7% dengan kategori Sangat layak, penilaian uji coba produk pre-test mendapatkan presentase 36,80% sehingga dikategorikan Belum Berkembang sedangkan uji coba produk post-test mendapatkan presentase 84,18% sehingga dikategorikan Berkembang Sesuai Harapan dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 47,38%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa video berbantu movie maker sebagai media untuk mengenalkan pendidikan seks anak usia 5-6 tahun di TK Insan Mandiri Sontang Padang Gelugur Pasaman Layak digunakan. Kata Kunci: Pengembangan, media, video, movie maker dan pendidikan seks anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 May 2022 02:56
Last Modified: 24 May 2022 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60073

Actions (login required)

View Item View Item