Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM KONTEKSTUAL BERBASIS INTEGRASI DI MADRASAH TSNAWIYAH (MTs) NEGERI KOTA PEKANBARU

HIKMANI, HI (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM KONTEKSTUAL BERBASIS INTEGRASI DI MADRASAH TSNAWIYAH (MTs) NEGERI KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV hikmani final.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tanpa BAB IV hikmani final.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pandangan bahwa Contextual Teaching and Learning mampu berkontribusi dalam menerapkan pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam dibuktikan dengan adanya simulasi yang terjadi dalam pembelajaran yang dilakukan oleh para guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru. Dengan fakta bahwa efektifitas hasil belajar lebih maksimal karena dipengaruhi oleh peranserta peseta didik dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu juga sebagai implikasi dari penelitian ini Madrasah tidak bisa menghindar lagi dari tuntutan inovasi dari berbagai model pembelajaran masa depan, pengembangan kurikulum juga merupakan suatu keharusan, karena dengannya, Pendidikan akan bisa diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi termasuk kondisi pandemic sekarang ini. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Contekstual dengan Pendekatan Integrasi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru (MTsN 1 Kota Pekanbaru, MTsN 2 Kota Pekanbaru, dan MTsN 3 Kota Pekanbaru) secara umum berjalan dengancukup baik dan bisa dijadikan model percontohan oleh Madrasah-Madrasah lain dalam mengembangkan serta merancang program-progam dan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Disertasi ini menunjukan bahwa implementasi Contextual Teaching And Learning Terintegrasi berkontribusi terhadap efektivitas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada pembelajaran MTs Negeri yang ada di Kota Pekanbaru. Oleh karena starategi Contextual Teaching And Learning dengan berbasis integrasi sangat penting di implementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam maka penting dikembangkan oleh MTsN yang ada di Kota Pekanbaru karena ini merupakan bentuk trobosan baru dalam dunia Pendidikan yang merupakan cikal bakal dari Prototype Kurikulumpem belajaran masa depan yang mampu menghadapi tantangan masa dan berbasis global. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil obervasi dan hasil wawancara maupun studi dokumentasi yang terkait dengan implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terintegrasi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Pekanbaru. Sedangkan teori yang digunakana dalah teori yang berhubungan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam maupun teori yang bisa diambil dari teori lain yang berubungan dengan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terintegrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 19 May 2022 02:36
Last Modified: 19 May 2022 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60024

Actions (login required)

View Item View Item