Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Self-Efficacy dan Curiosity terhadap Kemampuan Literasi Siswa pada Pelajaran Agama Islam Siswa MTs Negeri se kota pekanbaru

DHIAUR RIZQI, - (2022) Pengaruh Self-Efficacy dan Curiosity terhadap Kemampuan Literasi Siswa pada Pelajaran Agama Islam Siswa MTs Negeri se kota pekanbaru. Thesis thesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)

Abstract

ABSTRAK Dhiaur Rizqi (2021) : Pengaruh Self-Efficacy dan Curiosity terhadap Kemampuan Literasi Siswa pada Pelajaran Agama Islam Siswa MTs Negeri se kota pekanbaru Rendahnya kemampuan literasi PAI di MTs se Kota Pekanbaru ditandai dengan adanya siswa yang kesulitan dalam menginterpretasikan makna yang disampaikan pada kisah-kisah sejarah Islam atau pun yang terdapat dalam Al-Quran, selain itu masih terdapat siswa yang tidak melakukan kegiatan literasi sebelum pembelajaran PAI dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan curiosity terhadap kemampuan literasi pada pelajaran Agama Islam Siswa MTs Negeri se Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri 1, 2 dan 3 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 290 orang siswa kelas VIII di MTs Se Kota Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner self efficacy dan curiosity serta tes literasi PAI. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy siswa dalam pembelajaran PAI di MTs se Kota Pekanbaru adalah berada pada kategori cukup baik, curiosity siswa dalam pembelajaran PAI di MTs se Kota Pekanbaru adalah berada pada kategori cukup baik, sedangkan kemampuan literasi siswa MTs pada pelajaran PAI di MTs se Kota Pekanbaru berada pada kategori kurang baik. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara self-efficacy dengan kemampuan literasi siswa MTS pada pelajaran PAI di MTs se Kota Pekanbaru, 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara curiosity dengan kemampuan literasi siswa MTS pada pelajaran PAI di MTs se Kota Pekanbaru. Sehingga, hasil penelitian ini merekomendasikan kepada setiap sekolah untuk lebih menggiatkan kegiatan literasi pada Pembelajaran Agama Islam terutama dengan mendorong efikasi diri dan rasa ingin tahu siswa. Kata kunci : Kemampuan Literasi PAI, Efikasi Diri, Rasa Ingin Tahu

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 12 May 2022 01:32
Last Modified: 12 May 2022 01:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59951

Actions (login required)

View Item View Item