Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LARANGAN TRANSVESTITISME PERSPEKTIF HADIS PENDEKATAN MEDIS-PSIKOLOGIS (Kajian Ma‟anil al-Hadis)

MANAHARA ALAMSYAH LUBIS, - (2022) LARANGAN TRANSVESTITISME PERSPEKTIF HADIS PENDEKATAN MEDIS-PSIKOLOGIS (Kajian Ma‟anil al-Hadis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Larangan Transvestitisme Perspektif Hadis Pendekatan Medis-Psikologis (Kajian Ma’anil Hadis)”. Sudah tidak heran lagi bahwasannya masalah kebingungan jenis kelamin atau yang lazim disebut juga sebagai gejala transvestitisme merupakan perilaku menyimpang yang mana seseorang secara anatomis laki-laki, tetapi secara psikologis merasa dan menganggap dirinya seorang perempuan. Adapun perlaku menyimpang ini secara medis bisa terjadi saat berada dalam kandungan sedangkan berdasarkan psikologis penyimpangan ini bisa terjadi karena adanya gangguan perkembangan psikoseksual pada masa anak-anak. Dari permasalahan tersebut dirumuskan masalah yaitu bagaimana pandangan hadis terhadap transvestitisme dan bagaimana tinjauan transvestitisme berdasarkan perspektif medis-psikologis. Metode penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Data yang diambil pada penelitian ini bersumber dari kitab Shahih Bukhari, Fathul Bari, Psikologi Abnormal. Dari hasil penelitian ini hadis tentang larangan transvestitisme ini berstatus ahad dan bernilai shahih, meskipun didalam matan terdapat maqlub akan tetapi itu tidak berpengaruh terhadap kualitas hadis. Adapaun makna hadis tentang menyerupai lawan jenis bukan hanya terbatas pakaian akan tetapi juga mencakup perilaku, gaya bicara, jalan, dan hal yang mengubah kodrat gender. Berdasarkan psikologis adanya perilaku menyimpang ini dikarenakan dorongan atau motivasi yang ada dari dalam diri individu itu sendiri untuk selalu berperilaku dan berpakaian seperti wanita, bermain dengan mainan serta teman-teman wanita. Dan menurut medis adanya pengaruh hormon, non hormon (kromosom), yang bukan karena kromosom. Kata Kunci: Transvestitisme, Hadis, Medis, Psikologis, Ma’anil Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:58
Last Modified: 22 Apr 2022 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59904

Actions (login required)

View Item View Item