Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN AYAM GEPREK ARISHA DESA RAWANGSARI KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN DI TINJAU DARI EKONOMI SYARIAH

LESI SASMITA, - (2022) PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN AYAM GEPREK ARISHA DESA RAWANGSARI KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN DI TINJAU DARI EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LESI SASMITA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lesi Sasmita (2022) : “Pengaruh E-commerce Terhadap Pendapatan Ayam Geprek Arisha Desa Rawangsari Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Ditinjau Dari Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan dibidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet sehingga mendukung pengembangan usaha. Pelaku usaha tidak perlu lagi mengalami kesulitan dalam melakukan penjualan karena bisa dilakukan melalui offline maupun online. Penjualan online menggunakan E-commerce diharapkan dapat meningkatkan pendapatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui seberapa besar tingkat pendapatan yang diperoleh oleh Ayam Geprek Arisha setelah menggunakan sistem penjualan E-commerce dan untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Syariah mengenai pengaruh E-commerce terhadap peningkatan pendapatan Ayam Geprek Arisha Desa Rawangsari Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah data pendapatan keseluruhan data pendapatan dari awal mulai usaha hingga sekarang dan 61 orang konsumen dan sampelnya adalah data pendapatan 9 bulan sebelum menggunakan E-commerce dan 9 bulan setelah menggunakan E-commerce serta 61 orang konsumen. Dari Tabel IV.6 diatas terlihat bahwa masing-masing butir pernyataan untuk variabel pendapatan memiliki nilai r-hitung (pearson correlation) lebih besar dari kriteria r-tabel 0,4329. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara statistik masing-masing indikator pernyataan untuk variabel pendapatan valid dan layak untuk digunakan sebagai data penelitian. Berdasarkan Tabel IV.9 nilai t hitung (3,617) > ttabel (2,196) nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara E-commerce dengan Pendapatan Usaha Ayam Geprek Arisha. Usaha Ayam Geprek Arisha dalam menggunakan sistem E-commerce tidak bertentangan dengan sistem Ekonomi Syariah karena jual beli online pada dasarnya memiliki kesamaan dengan jual beli offline dalam hal terpenuhinya rukun jual beli. Akad dalam transasksi jual beli online dibolehkan melalui lafadz ataupun isyarat, artinya kesepakatan dalam jual beli online selama masih dalam majlis akad bisa menggunakan media komunikasi apa saja yang dibangun atas dasar an taradhin minkum (saling ridha antar pembeli dan penjual), kejujuran, adil, dan transparan. Kata Kunci: E-commerce, Pendapatan, Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:24
Last Modified: 07 Apr 2022 02:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59703

Actions (login required)

View Item View Item