Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI HAND PHONE SEKEN DENGAN SISTEM COD (CASH ON DELIVERY) (Studi Kasus di Kecamatan Tualang Perawang Kabupaten Siak)

BAYU SANDEVA, - (2022) TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI HAND PHONE SEKEN DENGAN SISTEM COD (CASH ON DELIVERY) (Studi Kasus di Kecamatan Tualang Perawang Kabupaten Siak). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bayu Sandeva, 2022 : TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI HAND PHONE SEKEN DENGAN SISTEM COD (CASH ON DELIVERY) (Studi Kasus di Kecamatan Tualang Perawang Kabupaten Siak) Penelitian ini adalah di lapangan. Masalahnya Terletak di COD barang yang diterima tidak sesuai dengan yang di inginkan. Dan Barangnya Berminus.yang mana sampel yg dijadikan responden dalam penelitian ini sebesar 22 orang yang terdiri berasal 2 orang penjual dan 20 orang pembeli dengan teknik purposive sampling. asal data primer penelitian ini diperoleh langsung di lapangan dengan memakai yang akan terjadi observasi, angket serta wawancara. Selain itu, dilengkapi menggunakan data sekunder yang diperoleh asal literatur serta beberapa kitab dan bahan-bahan hukum yang berkaitan dengan perseteruan yang diteliti. Sedangkan metode analisa yang dipergunakan merupakan metode analisis naratif kualitatif, yaitu selesainya semua data terkumpul, maka diklarifikasi pada pemaparan serta penjelasan. Sesuai hasil penelitian dapat disimpulkan, Jika dipandang berdasarkan fikih muamalah berasal segi risiko maka transaksi jual beli hp seken ini artinya transaksi terlarang dan batal hukumnya, sebab transaksi tersebut dapat mengakibatkan kemudorotan baik bagi penjual hp seken menjadi penjual juga pembeli hp seken. Risiko-risiko diatas mengandung unsur gharar yg mana adanya ketidakjelasan atas objek transaksi dan menimbulkan kerugian bagi ke 2 belah pihak. Dalam Prinsip Muamalah, Boleh dalam melakukan jual beli hp seken secara cod ini Kecuali ada dalil yang mengharamkannya, seharusnya hp dibuka serta dibiarkan pembeli melihat dan memilihnya, meskipun nanti pada hp itu tidak boleh ditukar-tukar dengan isi hp yang lainnya. pembeli telah jelas tau bagaimana syarat barang yang ada pada dalam cod itu dan tidak ada lagi ketidakjelasan ataupun ketidakpastian terhadap syarat barang. kentara terlihat bagaimana kualitas serta kuantitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:30
Last Modified: 31 Mar 2022 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59658

Actions (login required)

View Item View Item