Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Bernyanyi Religi Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ananda Kandis Kampung Kandis Kecamatan Kandis.

Ayu Puspita Insani, - (2022) Penerapan Metode Bernyanyi Religi Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ananda Kandis Kampung Kandis Kecamatan Kandis. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ayu Puspita Insani, (2022) : Penerapan Metode Bernyanyi Religi Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ananda Kandis Kampung Kandis Kecamatan Kandis. Nilai agama adalah wahyu yang sengaja diturunkan agar manusia hidup teratur dan Bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Moral adalah Pendidikan membentuk kepribadian diri seseorang melalui Pendidikan budi pekerti. Dalam penelitian ini penulis menemukan beberapa permasalahan diantaranya, masih ada anak yang bermain saat berdoa, masih ada anak yang belum mengetahui rukun islam. Untuk menstimulasinya diperlukan metode yang tepat salah satunya yaitu metode bernyanyi religi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi religi dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di TK Ananda Kandis Kampung Kandis serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpul data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi religi dalam mengembangkan nilai agama dan moral adalah sebagai berikut: 1) Mempersiapkan Langkah-langkah bernyanyi seperti memilih lagu yang sesuai dengan tema 2) Melalui metode bernyanyi target pembelajaran nilai agama dan moral tercapai dengan baik. Faktor yang mempengaruhi ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu: Semangat belajar yang ditunjukkan oleh anak saat proses pembelajaran sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Minimnya orangtua memberikan perhatian kepada anak. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa penerapan metode bernyanyi sangat efektif dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di TK Ananda Kandis Kampung Kandis Kecamatan Kandis. Kata kunci: Nilai Agama dan Moral, Metode Bernyanyi Religi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Apr 2022 04:22
Last Modified: 01 Apr 2022 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59651

Actions (login required)

View Item View Item