Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROTOTIPE SISTEM KENDALI PALANG PARKIR MENGGUNAKAN KTM BERBASIS NODEMCU DAN WEB (Studi kasus: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau)

Gema Anamy Maizar, - (2022) PROTOTIPE SISTEM KENDALI PALANG PARKIR MENGGUNAKAN KTM BERBASIS NODEMCU DAN WEB (Studi kasus: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau memiliki dua lahan parkir dan parkir khusus Mahasiswa berada di gedung baru, mayoritas kendaraan yang dipakai oleh Mahasiswa adalah sepeda motor. Sistem parkir saat ini masih belum tertata dengan rapi dan orang lain yang bukan Mahasiswa dapat masuk tanpa perlu menunjukkan identitas, terlebih tidak ada penjagaan di pintu masuk area parkir dan juga tidak adanya pendataan keluar masuk area parkir. Hal ini membuat keamanan dan kenyamanan proses belajar sangat terganggu, karena beresiko terjadinya pencurian di lingkungan Fakultas. Dengan masalah tersebut maka diperlukannya suatu sistem yang dapat mengatasi akses masuk perparkiran di Fakultas Sains dan Teknologi, sistem yang dapat digunakan adalah teknologi Quick Response Code (QR Code) yang terdapat di kartu tanda mahasiswa (KTM) dan License Plate Recognition (LPR) untuk memindai tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Sistem ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya NodeMcu, Barcode Reader, webcam, sensor HC-SR04, driver motor BTS7960, limit switch dan motor wiper. Sistem ini mampu menyimpan aktifitas masuk dan keluar parkir yang terkoneksi dengan web. pengujian alat sistem kendali palang parkir menggunakan KTM dan TNKB yang telah dilakukan dengan menggunakan kuesioner ke responden menunjukkan skor yang tinggi pada kriteria interpretasi dengan nilai interval diatas 89,2%. Berdasarkan nilai interval tersebut menandakan sistem kendali palang parkir menggunakan KTM dan TNKB ini dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa atau user.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:13
Last Modified: 22 Feb 2022 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59300

Actions (login required)

View Item View Item