Jumiati (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAMERAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS III SDN 010 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (61kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan strategi pembelajaran Pameran Sains pada mata pelajaran Sains di kelas III SDN 010 Langgini Kecamatan Bangkinang, dalam pembelajaran Sains terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Dari 28 orang siswa 71% atau 20 siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yakni 65, Hanya sekitar 70% siswa jika diberi soal dapat dikerjakan dengan baik dan dijawab dengan benar dan jika siswa diberi tugas berupa PR, 64% dari 18 siswa belum menjawab tugas dengan benar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi sebagai sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 010 Langgini Kecamatan Bangkinang dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran pameran Sains Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 59,43 dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 68,48 dengan ketuntasan sebesar 68% juga dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 73,63 dengan ketegori baik atau dengan ketuntasan sebesar 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan strategi pembelajaran pameran Sains dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas III SDN 010 Langgini Kecamatan Bangkinang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 13:27 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 13:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5930 |
Actions (login required)
View Item |