Ikhlas Wardina Salsabila, - (2022) HUBUNGAN GRATITUDE DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING GURU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BABIV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
||
|
Text
Ikhlas Wardina Salsabila.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tugas guru adalah memberikan jasa dan layanan agar dapat mewujudkan pembangunan karakter dan pembentukan kualitas serta kuantitas siswa dalam proses pembelajaran. Guru harus mempersiapkan diri agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Jika guru tidak dapat mempersiapkan diri dengan baik akan mengakibatkan guru mengalami penurunan psychological well-being. Psychological well-being adalah saat guru terbebas dari tekanan dan masalah mental serta berfungsinya psikis dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gratitude dengan psychological well-being pada guru. Subjek penelitian berjumlah 213 orang guru tingkat SD/MI yang mengajar di Kecamatan Kampar menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment pearson. Pengukuran psychological well-being menggunakan skala psychological well-being Ryff yang diadaptasi oleh Rachmayani dan Ramdhani dan skala gratitude versi Indonesia oleh Grimaldy & Haryanto yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan gratitude terhadap psychological well-being pada guru dengan signifikansi 0.000 (p < 0.01) dengan kontribusi sebesar 48.7%. Hasil penelitian menunjukkan gratitude memiliki arah hubungan yang positif terhadap psychological well-being. Artinya, semakin tinggi tingkat gratitude guru semakin meningkat pula psychological well-being guru tersebut. Selain itu psychological well-being dan gratitude guru berada pada kategori yang tinggi. Kata Kunci : psychological well-being, gratitude, guru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 05:30 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 05:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59136 |
Actions (login required)
View Item |