Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 SINGINGI

FIRDA KISDAMAYANTI, - (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIRDA KISDAMAYANTI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Firda Kisdamayanti, (2022): Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Google Classroom pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Singingi Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya virus covid-19 menyebar cepat ke penjuru Indonesia, banyaknya yang terjangkit membuat pemerintah meliburkan pelajar, guru, mahasiswa, dosen, dan para pekerja. Salah satu kegiatan yang terhambat akibat adanya pandemi ini adalah proses belajar, oleh karena itu pemerintah menetapkan kebijakan sistem belajar mengajar secara daring guna memutus penyebaran covid-19. Alternatif ini membuat google classroom menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk mendampingi guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 2 Singingi. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan metode survei secara online melalui google form. Sampel dalam penelitian ini merupakan kelas XI MIA 1 yang berjumlah 30 orang berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen angket pada penelitian ini menggunakan indikator model QAIT menurut Slavin. Hasil penelitian berdasarkan rata-rata persentase efektivitas tiap-tiap indikator yang menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan memang cukup menggantikan pembelajaran tatap muka selama masa pandemi, siswa juga merasa bahwa kegiatan dan tujuan pembelajaran daring dapat tercapai dengan baik menggunakan media google classroom. Selain itu data pendukung berupa hasil belajar ulangan harian menunjukan persentase ketuntasan belajar 96,66% siswa dapat mencapai KKM. Maka terdapat adanya efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 2 Singingi. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran; Google Classroom; Koloid; Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:07
Last Modified: 04 Feb 2022 07:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59110

Actions (login required)

View Item View Item