Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FUNGSI LINGKUNGAN BAHASA MENURUT PERSEPSI SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL KHAIR PEKANBARU

MUHAMMAD RAJAB LUBIS, - (2022) FUNGSI LINGKUNGAN BAHASA MENURUT PERSEPSI SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL KHAIR PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS MUHAMMAD RAJAB LUBIS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak Muhammad Rajab Lubis, (2022): Fungsi Lingkungan Bahasa Menurut Persepsi Santri Pondok Pesantren Darul Khair Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan siswa terhadap Lingkungan Bahasa di Pondok Pesantren Darul Khair Pekanbaru, dan untuk mengetahui Peran Lingkungan Bahasa Menurut Persepsi Santri Pondok Pesantren Darul Khair Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya empat keterampilan berbahasa arab santri, padahal di Pesantren telah diterapkan Lingkungan Bahasa. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Khair Pekanbaru. Populasinya adalah seluruh santri Pondok Pesantren Darul Khair Pekanbaru yang berjumlah 25 orang, karna sedikitnya jumlah populasi maka peneliti menggunakan metode total sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan angket. Sumber datanya adalah santri Pondok Pesantren Darul Khair Pekanbaru. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar santri memanfaatkan Lingkungan Bahasa di Pondok Pesantren Darul Khair Pekanbaru dengan baik, tetapi ada sebagian santri yang tidak melakukan itu, faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah rasa malas, sombong dan tidak suka bahasa arab. Persepsi Santri terhadap Peran Lingkungan Bahasa sesuai dengan indikator persepsi adalah sebagai berikut: Indikator Penyerapan mendapat skor 569 dengan persentase 71,13%, kondisi ini termasuk dalam kategori cukup. Indikator Pemahaman mendapat skor 613 dengan persentase 61,3%, kondisi ini termasuk dalam kategori cukup. Indikator Evaluasi mendapat skor 183 dengan persentase 36,6%, kondisi ini termasuk dalam kategori tidak baik. Kata Kunci: Peran, Lingkungan Bahasa, Persepsi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:03
Last Modified: 04 Feb 2022 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59104

Actions (login required)

View Item View Item