Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE CORRELATION BETWEEN CRITICAL THINKING AND WRITING SKILL OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS AT UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

NABILAH RACHMADHANI, - (2022) THE CORRELATION BETWEEN CRITICAL THINKING AND WRITING SKILL OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS AT UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara berpikir kritis dan keterampilan menulis siswa semester IV mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Teknik Analisis Data menggunakan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Suska Riau tahun ajaran 2020/2021. Siswa dibagi menjadi 4 kelas, dengan populasi 110 Mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 27 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, tes berpikir kritis oleh Collegiate Assesment of Academic Proficiency (2008) dilakukan untuk mengukur berpikir kritis siswa. Kemudian, peneliti meminta siswa untuk menulis tentang topik tertentu dan tulisan mereka dinilai oleh dua penilai dengan mengikuti aturan penilaian dalam rubrik penilaian menulis. Dengan menggunakan analisis inferensial korelasi product moment melalui SPSS 23.0 dalam menganalisis data, peneliti menemukan bahwa sig. t adalah 0,012, lebih kecil dari alpha signifikan 0,05 (sig.t < 0,05). Artinya Ha diterima, atau ada hubungan yang signifikan antara berpikir kritis siswa dengan keterampilan menulis siswa. Penulis juga menemukan bahwa 22.75% kemampuan menulis mahasiswa semester empat jurusan pendidikan bahasa Inggris di UIN Sultan Syarif Kasim Riau dipengaruhi oleh berpikir kritis. Sedangkan 77.25% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2022 08:24
Last Modified: 03 Feb 2022 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59071

Actions (login required)

View Item View Item