Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING INTEREST AND THEIR READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT THE STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 KUBU

SISKA LESTARI, - (2022) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING INTEREST AND THEIR READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT THE STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 KUBU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img]
Preview
Text
THESIS SISKA LESTARI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTARK Siska Lestari, (2022): Hubungan Antara Minat Membaca Siswa dan Pemahaman Membaca Siswa didalam Teks Narrative Kelas X SMAN 1 Kubu Minat membaca adalah suatu keinginan positif dan usaha seseorang untuk membaca dibawah kesadarannya. Ada dua faktor yang mempengaruhi minat membaca seseorang yaitu faktor yang berasal dari dalam dan luar diri seseorang. Minat membaca merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman didalam membaca. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca siswa dengan pemahaman membaca mereka dalam teks naratif di kelas X SMA Negeri 1 Kubu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kubu pada tanggal 27 September 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 216 siswa, sedangkan untuk teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket untuk menilai minat baca siswa yang terdiri dari 26 pernyataan, dan untuk pemahaman membaca siswa peneliti menggunakan score siswa yang diperoleh dari hasil test pemahaman membaca didalam teks narrative yang terdiri dari 27 soal pilihan ganda. Antara kedua variabel yang diteliti, peneliti menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson dan menganalisisnya dengan menggunakan SPSS 23.0 for windows. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “ada hubungan positif yang signifikan antara minat baca siswa dengan pemahaman membaca siswa dalam teks naratif”. Data dianalisis dengan menggunakan koefisien Korelasi Pearson Product Moment melalui SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sig. (2- tailed) nilainya 0,000. Dapat dinyatakan bahwa 0,000 < 0,05. Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.543. Kesimpulannya, semakin tinggi minat baca siswa, semakin baik pemahaman membaca siswa. Nilai RSq sebesar 0.295 yang berarti variabel minat baca memberikan kontribusi terhadap pemahaman membaca sebesar 29.5%. kemudian, 70.5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:54
Last Modified: 03 Feb 2022 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59053

Actions (login required)

View Item View Item