Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Gerakan Dakwah Anak Muda dan Penguatan Popularitas Ustaz Abdul Somad di Media Sosial: Studi Kasus Pada Fodamara Pekanbaru

M. ALAM ZUMIRAJ, - (2022) Gerakan Dakwah Anak Muda dan Penguatan Popularitas Ustaz Abdul Somad di Media Sosial: Studi Kasus Pada Fodamara Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ALAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penguatan popularitas Ustaz Abdul Somad di media sosial yang dilakukan oleh Forum Pemuda Masjid Raya Pekanbaru (Fodamara). Sejumlah peneliti berpendapat bahwa otoritas keagamaan tradisional akan tertinggal dengan perkembangan media teknologi modern. Penelitian ini membantah pendapat tersebut bahwa Ustaz Abdul Somad yang merupakan otoritas keagamaan tradisional tetap mampu bertahan dan populer di tengah perkembangan media teknologi modern berkat dukungan anak-anak muda Muslim. Pertanyaan utama yang akan dijawab di dalam penelitian ini adalah bagaimana gerakan dakwah Fodamara dalam menguatkan popularitas Ustaz Abdul Somad di media sosial? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan studi lapangan dengan pendekatan naratif dan pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Fodamara secara masif mempromosikan ceramah Ustaz Abdul Somad disejumlah media sosial seperti Youtube, Instagram dan Facebook. Selain itu, aktivitas memposting ulang ceramah Ustaz Abdul Somad yang dilakukan oleh Fodamara menunjukan apa yang disebut oleh Asef Bayat sebagai kesalehan aktif. Kata Kunci: Fodamara, Media Sosial, Ustaz Abdul Somad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:59
Last Modified: 03 Feb 2022 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59021

Actions (login required)

View Item View Item