Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN LABEL BARCODE DALAM JUAL BELI PADA INDOMARET DAN ALFAMART DI KECAMATAN TANAH PUTIH MENURUT EKONOMI SYARIAH

Khoirul Azhar, Alang (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN LABEL BARCODE DALAM JUAL BELI PADA INDOMARET DAN ALFAMART DI KECAMATAN TANAH PUTIH MENURUT EKONOMI SYARIAH. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Tesis Khoirul Azhar Keseluruhan Kecuali Bab IV Penggunaan label barcode.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Khoirul Azhar Penggunaan label Barcode Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khoirul Azhar (2021) : Implementasi Penggunaan Label Barcode Dalam Jual Beli Pada Indomaret dan Alfamart di Kecamatan Tanah Putih Menurut Ekonomi Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Konsumen dan Pelaku ekonomi konvensional dalam hal ini akan di ambil pengusaha dari Indomaret dan Alfamart di Kecamatan Tanah Putih. Sedangkan objek penelitian ini adalah Penggunaan label barcode dalam jual beli pada pengusaha ekonomi konvensional yaitu Indomaret dan Alfamar di Kecamatan Tanah Putih. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan label barcode dalam jual beli pada Indomaret dan Alfamart di Kecamatan Tanah Putih dan bagaimana pula sistem ekonomi syariah terhadap jual beli menggunakan label harga barcode di Kecamatan Tanah Putih serta untuk mengetahui apa keuntungan penggunaan label barcode dalam jual beli dan apa pula kelemahan jual beli jika tidak menggunakan label barcode dalam jual beli di Kecamatan Tanah Putih. Hasil penelitian dari data angket menyatakan “terpenuhi”, dengan persentase sebesar 73,4% atau akumulasi responden jawaban berada pada persentase 69-85% dengan Kategori “Terpenuhi”. Namun jika di kombinasikan dengan data dokumentasi, wawancara dan observasi bahwa ada temuan yang mengakibatkan Sistem jual beli menggunakan label barcode di Indomaret dan Alfamart ada terindikasi jual beli sah tapi terlarang. Ini terjadi apabila ada perubahan harga bahwa karyawan tidak sempat menempelkan data harga baru pada barcode secara keseluruhan melainkan harga lama yang tetap dipajangkan. Dengan demikian sebagian barang ada harga yang tidak sesuai dengan pembayaran dikasir. Sedangkan keuntungan menggunakan label barcode dalam jual beli adalah karena kemampuan teknologi yang mampu mempermudah kerja manusia, yang mana identitas barang bisa tercatat dengan singkat melalui label barcode. Dan kelemahan tidak menggunakan label barcode dalam jual beli adalah karyawan tidak bisa melayani konsumen dengan cepat, tepat dan cermat bahkan tidak bisa melakukan perubahan harga dengan cepat, tepat dan cermat. Kata kunci : Implementasi, Ekonomi Konvensional, Ekonomi Syariah, Label Barcode.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:26
Last Modified: 02 Feb 2022 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58927

Actions (login required)

View Item View Item