YULIZTIA PRATIWI, - (2022) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
YULIZTIA PRATIWI (2021) : PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Metakognitif dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah, serta mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran Metakognitif dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni (true experimental) dan desain yang digunakan adalah factorial exsperimen design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Siak Hulu dengan sampel VIII.8 sebagai kelas kontrol dan VIII.6 sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengumpulan data berupa angket kemandirian belajan, tes kemampuan penalaran matematis dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi pembelajaran Metakognitif dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi konvensional di SMP Negeri 4 Siak Hulu; 2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah di SMP Negeri 4 Siak Hulu; 3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Metakognitif dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas terutama dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: strategi pembelajaran Metakognitif, Kemampuan Penalaran Matematis, kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 08:44 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 08:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58906 |
Actions (login required)
View Item |