Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RESILIENSI PADA REMAJA YANG MENGALAMI BROKEN HOME

Yudhi Utama Putra (2014) RESILIENSI PADA REMAJA YANG MENGALAMI BROKEN HOME. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Broken home merupakan kondisi keluarga yang retak, tanpa kehadiran salah satu dari kedua orangtua yang disebabkan karena meninggal, perceraian atau meninggalkan keluarga. Kondisi broken home tentunya berdampak terhadap kehidupan remaja. Salah satu perubahan akibat kondisi keluarga broken home yakni perubahan emosi berupa stress, down, shock, serta frustasi. Namun, tidak semua remaja yang mengalami broken home bertahan dengan kondisi tersebut. Ada juga remaja yang bangkit dan mampu mengatasi serta menjadikan kondisi sebagai titik balik kehidupannya atau yang dikenal dengan istilah resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi pada remaja yang mengalami broken home. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan teknik wawancara langsung dan catatan lapangan. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 11 orang dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Bungin dan pengujian keabsahan data menggunakan teori Paton dengan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa remaja yang mengalami broken home mampu beresiliensi kemampuan dalam mengembangkan kemampuan berfikir positif, regulasi emosi, berfikir kausal, optimis, serta dukungan sosial dari orang sekitar yakni orangtua, teman, serta kerabat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 29 Jul 2016 05:59
Last Modified: 29 Jul 2016 05:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5889

Actions (login required)

View Item View Item