SRI RAHMADANI, - (2022) دراسة وصفية في تنفيذ تعليم الصرف لطلاب الفصل الدراسي الثالث بقسم تعليم اللغة العربية في جامعة السلطان الشريف قاسم الإسلامية الحكومية برياو. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI SRI RAHMADANI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK SRI RAHMADANI, (2022) : Studi Deskriptif tentang Pelaksanaan Pembelajaran Shorof Mahasiswa Semester Tiga Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang pelaksanaan pembelajaran shorof dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran shorof. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Shorof di Semester Tiga Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau? dan (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran Shorof di Semester Tiga Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau? ”.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu dengan menggambarkan objek sesuai dengan apa adanya melalui proses pengumpulan data dari tiga sumber yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran shorof di semester tiga di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau telah terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan utama dalam pembelajaran shorof dua dapat menerapkan materi shorof satu. Metode yang digunakan oleh dosen dalam pengajaran shorof adalah metode induktif dan metode penemuan (discovery). Dan media dalam pembelajaran berupa diktat shorof, teks bahasa Arab, kamus, handphone dan komputer. Kemudian untuk mengevaluasi proses pembelajaran shorof pada semester ketiga di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, ujian diadakan di tengah semester dan di akhir semester. (2) Faktor pendukung dan faktor yang penghambat pelaksanaan pembelajaran shorof di semester tiga Jurusan Pendidikan Bahasa Arab: a). Faktor pendukung: dosen telah mempelajari banyak buku tentang shorof, dosen memiliki pengetahuan yang mendalam tentang ilmu shorof, dosen memahami perbedaan kemampuan mahasiswa, dosen memahami latar belakang mahasiswa. b. Faktor penghambat: Dosen menggunakan metode yang kurang bervariasi, pembelajaran berakhir dengan hasil sebagian mahasiswa paham dengan materi yang lain kurang paham, kurangnya motivasi mahasiswa dalam pembelajaran shorof. Kata Kunci : Studi Deskriptif, Pembelajaran, Shorof
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 09:07 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 09:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58877 |
Actions (login required)
View Item |