Melinda, Melinda (2022) PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE CHATBOT TARRA (TOYOTA INTERACTIVE VIRTUAL ASSISTANT) DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI AGUNG TOYOTA PANGKALAN KERINCI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
Abstract
Dalam menghadirkan sebuah pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan, seorang Customer Relation wajib melakukan cara-cara terbaru dalam berkomunikasi dengan pelanggannya agar terciptanya hubungan yang lebih baik. Pemanfaatan adalah suatu kegiatan, proses, cara, atau perbuatan menjadikan sesuatu yang ada menjadi bermanfaat. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Artificial Intelligence chatbot tarra dalam meningkatkan Customer Relationship Management dengan menggunakan teori Customer Relationship Management oleh Lucas. Terdapat tiga komponen di teori ini yaitu people (orang), process (proses), serta technology (teknologi). Riset ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah humas, Customer Relation, dan User Toyota yang menggunakan Chatbot Tarra di pangkalan kerinci. Objek dari penelitian ini merupakan asisten virtual Chatbot Tarra milik Agung Toyota. Hasil riset ini menunjukkan bahwa Chatbot Tarra dibuat untuk memaksimalkan kualitas pelayanan di Agung Toyota Pangkalan Kerinci. Dimana asisten virtual yang memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ini mampu merespon sebuah percakapan layaknya manusia dengan cepat. Bahkan Chatbot ini mampu menyelesaikan permintaan sederhana pelanggan melalui percakapan pesan instan. Sehingga customer relationship management fokus bagaimana meningkatkan hubungan kepada Pelanggan dengan tetap menggunakan teknologi Artificial Intelligence, mempertahakankan komunikasi yang baik dengan pelanggan secara continue dan perlahan mengedukasi Chatbot kepada pelanggan lainnya. hingga pada akhirnya Chatbot dapat menjadi alternatif baru dalam meningkatkan Customer Relationship di Agung Toyota Pangkalan Kerinci.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Chatbot, Customer Relationship Management |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 30 Jan 2022 14:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2022 14:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58876 |
Actions (login required)
View Item |