Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERAWATAN MESIN RICE MILL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus: Penggilingan Padi UD. Sejahtera)

AFI FAJRI SUARDI, - (2022) ANALISIS PERAWATAN MESIN RICE MILL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus: Penggilingan Padi UD. Sejahtera). Skripsi thesis, UNIVERSITAS NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS PERAWATAN MESIN RICE MILL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus: Penggilingan Padi UD. Sejahtera) Afi Fajri Suardi1 1 Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru, 28293 Email: afifajrisuardi@gmail.com ABSTRAK Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya menjadikan padi sebagai kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Penggilingan padi menggunakan mesin tentu tidak semudah yang dibayangkan, mesin memiliki bagian/komponen yang perlu untuk dilakukan perawatan, ini dikarenakan mesin memiliki setiap mesin tentu akan mengalami penyusutan. Jika pengusutan ini dibiarkan maka akan timbul masalah dalam pengolahan/penggilingan padi, masalah yang timbul adalah kerusakan, gagal fungsi pada mesin sehingga proses penggilingan padi terhenti (downtime). adapun metode yang digunakan dalam menganalisis kerusakan yang terjadi pada mesin rice mill ini adalah Reliability Centered Maintenance (RCM). UD. Sejahtera terletak di Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat perusahaan ini memiliki tingkat permintaan yang cukup tinggi di wilayah produksi bahkan tidak menutup kemungkinan perusahaan ini juga dapat melakukan pengembangan dari segi permintaan beras ke wilayah wilayah tetangga seperti Provinsi Riau. Setelah dilakukan penelitian ini maka dapat disimpulkan dari historis kerusakan yang terjadi pada pendinginan oli yang menyumbang 23 kali kerusakan atau 39 % dari total kerusakan. Kerusakan pada pendinginan tersebut terdiri dari 5 komponen penyebab, diantaranya bearing, belt (stagen), fuel system, gearbox, dan gear. Perhitungan FMEA didapatkan hasil RPN dari setiap komponen pada rank 1 adalah komponen bearing dengan nilai 96, oil gearbox dengan nilai 72, gear nilai 54, fuel system nilai 45 dan belt (stagen) dengan nilai RPN 40. Hasil dari analisis LTA terdapat 3 komponen kritis yaitu bearing, oil gearbox,dan gear. Dari analisis distribusi dan reliability didapatkan hasil bearing adalah σ = 6,3461 µ = 29,5, kemudian oil gearbox σ = 6,184 µ = 30,333, diikuti komponen gear σ= 5,2592 µ = 29,75 Interval waktu penggantian pencegahan pada bearing 65 menit, oil gearbox 55 menit, gear 66 menit . Kata Kunci: RCM, Mesin Rice Mill

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:46
Last Modified: 28 Jan 2022 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58779

Actions (login required)

View Item View Item