Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS ISI OBJEKTIVITAS BERITA PILKADA KUANTAN SINGINGI 2020 DI MEDIA ONLINE KUANSINGKITA.COM (PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER 2020)

Anzilla Rizky Triananda, Anzilla (2021) ANALISIS ISI OBJEKTIVITAS BERITA PILKADA KUANTAN SINGINGI 2020 DI MEDIA ONLINE KUANSINGKITA.COM (PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER 2020). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

Politik dan media ibarat satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Dalam menyajikan suatu informasi, media harus netral dan faktual. Salah satu konsep yang paling dekat untuk melihat kualitas informasi adalah dari segi objektivitas. Riset ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar objektivitas pemberitaan Pilkada Kuantan Singingi 2020 pada media online Kuansingkita.com periode September-Oktober 2020. Riset ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis isi. Temuan dalam riset ini menunjukan bahwa dari 9 indikator yang diteliti, peneliti menemukan hanya 1 indikator dari objektivitas yang objektivitasnya rendah yaitu indikator equall access, sedangkan 8 indikator lainnya memenuhi syarat objektivitas sebuah berita. Secara keseluruhan media online Kuansingkita.com telah menyajikan pemberitaan yang objektif dengan persentase sebesar 72.77%. Kemudian 8 indikator yang memenuhi syarat objektivitas antara lain indikator faktual yaitu berita didominasi oleh fakta sosiologis, indikator akurasi yaitu cek dan ricek pada berita diterapkan, indikator kelengkapan yaitu adanya unsur 5W+1H dalam berita, indikator nilai berita yaitu berita yang disajikan mengandung nilai berita, indikator non evaluatif yaitu tidak mencampurkan antara fakta dan opini dari wartawan, indikator non sensasional yaitu judul dengan isi berita sesuai dan tidak ada dramatisasi, dan indikator even handled yaitu penilaian sisi positif dan negatif dalam berita seimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Objektivitas, Berita Pilkada Kuantan Singingi 2020, Kuansingkita.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:47
Last Modified: 28 Jan 2022 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58706

Actions (login required)

View Item View Item