Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENCEGAHAN PENCURIAN LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM TENAGA SURYA DENGAN MICROGRID PLTS ATAP TERPUSAT (Studi Kasus: Jalan Air Hitam Kota Pekanbaru Riau)

Alfikram, - (2022) PENCEGAHAN PENCURIAN LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM TENAGA SURYA DENGAN MICROGRID PLTS ATAP TERPUSAT (Studi Kasus: Jalan Air Hitam Kota Pekanbaru Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR ALFIKRAM_11755100131 (KECUALI BAB IV),.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV ALFIKRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Semua komponen unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Jalan Air Hitam Pekanbaru hilang dicuri pada tahun 2021. Hal ini tidak hanya mengganggu penerangan di malam hari, namun juga menimbulkan kerugian ekonomi dan dapat meningkatkan tindak kriminal di kawasan tersebut, faktor penyebab tingginya kasus pencurian unit LPJUTS di Jalan Air Hitam Pekanbaru disebabkan oleh 4 faktor diantaranya, Minimnya pemantauan terhadap unit PJU, Area penyebaran PJUTS merupakan Kawasan sepi, Konstruksi LPJUTS mudah di otak-atik, dan komponen PJUTS menarik perhatian dikarenakan memiliki nilai jual tinggi. Oleh karena itu Tujuan penelitian ini adalah mengusulkan solusi secara teknis untuk pencegahan pencurian LPJUTS. Strategi yang diusulkan adalah sistem microgrid PLTS atap terpusat. Metode yang digunakan dalam menentukan faktor penyebab pencurian unit LPJUTS adalah metode pengumpulan data Triangulasi dengan pengujian kuesioner check list menggunkan software IBM SPSS Statistics Version 26. Rekomendasi strategi penelitian ini dirancang dengan panel microgrid PLTS atap terpusat yang tidak dipasang di pinggir jalan, namun dititip di atap rumah penduduk dan kantor swasta atau pemerintah, sehingga jauh lebih sulit diakses tanpa izin pemilik atau pengelola Gedung. Total kebutuhan energi dari 37 jumlah titik PJU di Jalan Air Hitam adalah 37,518 kWh. Kebutuhan ini dapat dipenuhi oleh sistem microgrid dengan total 46 panel surya berkapasitas 200Wp yang menghasilkan energi sebesar 9200Wp. Performance Ratio adalah sebesar 85%. Biaya yang dibutuhkan adalah Rp.208.130.000 yang lebih kecil dibanding kerugian finansial yang disebabkan oleh pencurian. Dari aspek teknis dan keamanan, sistem microgrid berpeluang besar menjadi solusi dari pencurian PJU-TS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:13
Last Modified: 28 Jan 2022 01:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58701

Actions (login required)

View Item View Item