REFNI ELVIONIKA, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PECAHAN SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (28MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Refni Elvionika, (2021) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pecahan SMP/Mts Berdasarkan hasil observasi non sistematis didapati bahwa bahan ajar yang digunakan siswa adalah Lembar Kerja Siswa (LKS), dimana LKS yang digunakan masih kurang mengoptimalkan hasil belajar siswa dan bersifat umum sehingga kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan terutama pada materi pecahan, maka peneliti tertarik ingin melakukan pengembangan LKS berbasis PBL pada materi pecahan untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022, ahli media dan ahli ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika, serta siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru sebagai kelompok kecil. Objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model PBL dinyatakan berada pada kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 92,4%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis PBL dinyatakan berada pada kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Problem Based Learning (PBL), Pecahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 09:51 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 09:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58588 |
Actions (login required)
View Item |