Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI RESIKO KERJA MENGGUNAKAN METODE ROSA DAN PEMBERIAN PEREGANGAN OTOT (STRETCHING) PADA KARYAWAN ADMINISTRASI PT. GLOBAL TEKNIK INSPEKSI

Luthfi Yani A.P, - (2022) EVALUASI RESIKO KERJA MENGGUNAKAN METODE ROSA DAN PEMBERIAN PEREGANGAN OTOT (STRETCHING) PADA KARYAWAN ADMINISTRASI PT. GLOBAL TEKNIK INSPEKSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV dan BAB V)
file BAB Hasil Penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali BAB Hasil Penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Luthfi Yani A.P (2022): Evaluasi Resiko Kerja Menggunakan Metode Rosa Dan Pemberian Peregangan Otot (Stretching) Pada Karyawan Administrasi Pt. Global Teknik Inspeksi Bidang administrasi PT. Global Teknik Inspeksi mempekerjakan empat orang karyawan dengan waktu kerja selama 8 jam secara monoton dan terus menerus. Hal ini berpotensi menimbulkan resiko dan keluhan pada kerja. Berdasarkan hasil SNQ kepada empat karyawan diperoleh 75% memiliki keluhan sistem otot rangka serta ketidaknyamanan dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi resiko kerja karyawan menggunakan metode ROSA (Rapid Office Strain Assessment) dan melakukan perbaikan cara kerja. Hasil evaluasi metode ROSA menunjukkan 75% karyawan yang memiliki resiko berbahaya. Untuk menurunan resiko tersebut dilakukan stretching dengan metode 20/20/20. Hasil penerapan metode tersebut selama 5 hari kerja menunjukkan terjadinya penurunan keluhan rasa sakit yang dialami oleh pekerja sebesar 22,75% serta terjadi peningkatan terhadap keluhan rasa tidak sakit sama sekali sebesar 37, 8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jan 2022 10:07
Last Modified: 27 Jan 2022 10:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58577

Actions (login required)

View Item View Item