Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS BERDASARKAN MODEL RECENCY FREQUENCY MONETARY (RFM) PADA MOEL MART

fhadilatul juniati, - (2022) ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS BERDASARKAN MODEL RECENCY FREQUENCY MONETARY (RFM) PADA MOEL MART. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fhadilatul juniati.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab 4 fhadilatul juniati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

Moel Mart merupakan sebuah bisnis retail yang bergerak pada bidang perdangngan. Dalam melakukan segmentasi pelanggan, Moel Mart hanya berfokus pada segi monetary, yaitu pelanggan yang melakukan transaksi dengan total belanja yang besar. Moel Mart akan memberikan perlakukan khusus terhadap pelanggan yang mempunyai monetary tinggi, dengan memberikan keuntungan kepada pelanggan berupa pengumpulan poin perkelipatan dua puluh ribu rupiah untuk 1 poinnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis segmentasi pelanggan pada Moel Mart menggunakan model Recency, Frequency, Monetary (RFM) dengan algoritmaFuzzy C-Means untuk mengelompokan data-data yang ada pada Moel Mart. Penelitian ini menghasilakan cluster 3 yang terbaik, dengan nilai Partition Coefficient Index sebesar 0.8045. Berdasarkan perbandingan nilai rata-rata RFM data pelanggan dan nilai rata-rata RFM setiap Cluster, maka didapatkan simbol range R "F#M# untuk Cluster 1 R# F " M" untuk Cluster 2 dan R# F # M # untuk Cluster 3. Cluster 1 merupakan Cluster dengan karakteristik lost customer yang sudah lama tidak melakukan pembelian dengan jumlah transaksi yang sedikit dan uang yang dikeluarkan juga rendah. Sedangkan Cluster 2 merupakan Cluster dengan karakteristik loyal customer yang merupakan pelanggan dengan tingkat loyalitas paling tinggi dan Cluster 3 merupakan Cluster dengan karakteristik new customer, pelanggan yang baru saja melakukan pembelian dengan jumlah transaksi yang sedikit dan uang yang juga masih sedikit. Kata Kunci: Moel Mart, Segmentasi Pelanggan, FCM, RFM, PCI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:09
Last Modified: 26 Jan 2022 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58531

Actions (login required)

View Item View Item