Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SECARA DARING PADA MASA COVID 19 DI SMP NEGERI 22 PEKANBARU

MUHAMMAD DIHYA SIREGAR, - (2022) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SECARA DARING PADA MASA COVID 19 DI SMP NEGERI 22 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. DIHYA SIREGAR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Dihya Siregar, (2021): Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Secara Daring pada Masa Covid 19 di SMP Negeri 22 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru bimbingan dan konseling kepada siswa dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa secara daring. Subjeknya adalah guru bimbingan konseling dan beberapa siswa yang mengalami kejenuhan belajar secara daring. Objeknya adalah strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa secara daring. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi redaksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kejenuhan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 meliputi kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi meliputi faktor internal dan eksternal yang di sebabkan oleh kesehatan fisik, kecemasan, akademik, kondisi keluarga, suasana sekolah, sarana prasarana dan kondisi masyarakat. Sedangkan strategi yang perlu dipersiapkan oleh guru bimbingan dan konseling, yakni membuat media pembelajaran yang menarik, terampil menggunakan aplikasi pembelajaran daring, pemberian sinema konseling, mengoptimalkan peer counseling melalui media daring sehingga proses bimbingan dan konseling masa pandemi Covid-19 berjalan efektif. Kata Kunci: Kejenuhan Belajar Daring dan Strategi Guru Bimbingan Konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:16
Last Modified: 26 Jan 2022 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58455

Actions (login required)

View Item View Item