Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROTOTYPE SISTEM MONITORING KONSUMSI DAYA LISTRIK PADA RUMAH TANGGA VIA SMS GATEWAY BERBASIS HANDPHONE (STUDI KASUS DUSUN KOTO BARU MUNGKA)

DENO SAPUTRA, - (2022) PROTOTYPE SISTEM MONITORING KONSUMSI DAYA LISTRIK PADA RUMAH TANGGA VIA SMS GATEWAY BERBASIS HANDPHONE (STUDI KASUS DUSUN KOTO BARU MUNGKA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR Deno Saputra.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PROTOTYPE SISTEM MONITORING KONSUMSI DAYA LISTRIK PADA RUMAH TANGGA VIA SMS GATEWAY BERBASIS HANDPHONE (STUDI KASUS DUSUN KOTO BARU MUNGKA) DENO SAPUTRA 11655103388 Tanggal Sidang : 6 Januari 2022 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Enegi listrik sudah menjadi salah satu aspek kebutuhan hidup bagi manusia. Karena dengan adanya energi listrik manusia mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai bidang teknologi elektronika. Untuk mengetahui berapa anggaran yang harus dibayar dalam menggunakan energi listrik maka PLN membuat sebuah alat yang mampu menggetahui pemakaian energi listrik yaitunya Kwh. Metode Perhitungan biaya listrik dapat kita lakukan dengan cepat menggunakan microsoft excel. Permasalahan yang terjadi pada Dusun Koto Baru Mungka adalah keraguan masyarakat akan pemakaian energi listrik yang di pakai setiap bulanya. Tujuan membuat sebuah prototype untuk memonitoirng pemakaian energi listrik yang di apakai setiap bulanya. Fungsinya menghilangkan keraguan masyarakat akan pembayaran energi listrik yang dipakai setiap bulanya. Alat perhitungan biaya ini menggunakan arduino uno sebagai otak dari modul – modul yang di kendalikan seperti LCD, dan SMS Gateway, sensor ACS721,sensor tegangan ZMPT101B dan sensor photoelectric yang semua itu akan terkoneksi ke handphone. Hasil dari alat prototype sistem monitoring ini dapat mendeteksi adanya arus listrik yang mengalir dari setiap beban yang dipakai maka sensor akan mengirimkan data ke arduino uno dalam bentuk data analog, Setelah proses pengkonversian data analog menjadi data digital selesai akan didapatkan data berapa besar daya listrik digunakan. Kemudian dari data tersebut akan dikonversikan menjadi nilai Kwh dan rupiah per 1 Kwh. Apabila proses pengkonversikan telah selesai maka selanjutnya arduino uno akan memberikan perintah ke LCD dan SMS Gateway untuk menampilkan data yang telah didapatkan. Hasil responden dari masyarakat Dusun Koto Baru Mungka dalam pembutan alat monitoiring menggunakan aspek karakteristik simplicty dengan total 4,62 dengan hasil persentase 92%, interactivity dengan total 4,69 jika dipersentasekan 93%, dan usability dengan total 4,56 nilai persentase 91 %. Hasil yang didapatkan termasuk kedalam kategori sangat baik. Kata kunci : Arduino UNO, Sensor Arus ACS712, Sensor ZMPT, LCD,Modul GSM Gateway 800L sensor photoelectric.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:32
Last Modified: 26 Jan 2022 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58440

Actions (login required)

View Item View Item