Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENGOPTIMALKAN PENGELOLAAN INFORMASI PEMILU MELALUI MEDIA WEBSITE PADA BADAN PENGAWAS PEMILU (BAWASLU) DI PROVINSI RIAU

Dwi Novridha Amalia, Dwi (2022) PERENCANAAN KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENGOPTIMALKAN PENGELOLAAN INFORMASI PEMILU MELALUI MEDIA WEBSITE PADA BADAN PENGAWAS PEMILU (BAWASLU) DI PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Optimalisasi pengelolaan informasi pemilu merupakan perkara penting dalam dunia demokrasi. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau melalukan publikasi dan diseminasi informasi kepada masyarakat menggunakan medium internet yaitu melalui website resmi Bawaslu Riau. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perencanaan Komunikasi Humas dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Informasi Pemilu Melalui Media Website pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Provinsi Riau. Teori yang digunakan dalam riset ini Teori yang digunakan adalah Four Step Public Relations oleh Cutlip,center and Broom. Riset ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 3 (tiga) orang informan yang terdiri dari Koridinator, Kabag dan Plt Korsub di Divisi Humas, Hukum dan Datin. Temuan dalam riset ini menunjukan bahwa bawaslu mengupayakan 4 tahapan yaitu (1). Menentukan masalah. Dalam menentukan masalah atau fact finding ditemukan masalah terkait pengelolaan SDM dan kendala dalam keamanan (security) Website. (2). Perencanaan dan penyusunan program. Dari indentifikasi masalah diatas, maka disusun lah perencanaan dan penyususnan program sebagai respon terhadap fact finding dengan cara peningkatan SDM berupa penyelenggaraan pelatihan, Pendidikan dan rekrutmen SDM yang handal. (3) Tindakan dan komunikasi. tindakan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau dengan cara mengawasi media dan mengunakan media sebagai informasi. (4). Evaluasi program. Badan Pengawas Pemilu perlu melakukan evaluasi program untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan Langkah strategis untuk masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Komunikasi, Pengelolaan Informasi, Bawaslu Riau
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:24
Last Modified: 26 Jan 2022 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58403

Actions (login required)

View Item View Item